Tak Punya Rumah, Nenek Penjual Kopi Ini Tinggal di Lemari



Kisah nenek penjual minuman di Embong Kenongo, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur ini begitu memprihatinkan. Bagaimana tidak, di usia senjanya ia harus tinggal di warungnya dengan kondisi yang tidak layak.


Sebagaimana terlihat dalam unggahan akun TikTok menthueel, sosok nenek yang sehari-hari berjualan minuman dan makanan ringan itu mengundang perhatian lantaran harus tidur di dalam lemari yang sempit. Menurutnya, kondisi tersebut terpaksa ia jalani lantaran dirinya tidak memiliki biaya untuk sekadar menyewa tempat tinggal.


Sambil membuat pesanan minuman, nenek tersebut menceritakan jika sehari-hari dirinya harus tidur di dalam lemari kayu usang itu. Bahkan ia harus rela berbagi tempat dengan perabotan lainnya karena tak ada tempat lain untuk menyimpan barang-barang.


Selain itu, nenek yang diketahui berasal dari Pulau Madura tersebut juga biasa menumpang mandi di toilet sebuah bank di belakang lapak sederhananya.


” Tidure (tidurnya) masa di situ nek (di dalam lemari), ya Allah” kata si pengunggah video.


” Iyo neng kene (iya di sini),” kata nenek tersebut.


Nenek tersebut juga sempat mempraktikkan cara tidurnya yang sangat tidak biasa. Mulanya ia duduk membelakangi pintu lemari, lalu kemudian kepalanya masuk ke dalam dengan sedikit menunduk dan kedua kakinya langsung diarahkan ke bagian dalam.


Posisi tidur nenek tersebut juga terlihat tidak nyaman karena terbatasnya ruang dalam lemari sehingga kakinya tidak bisa lurus.


” Tiap hari neng kene, nah kepala e di sini (tiap hari di sini, nah kepalanya di sini),” jelasnya.


Nenek tersebut diketahui tinggal dan hidup seorang diri di warungnya itu. Ia mengaku tidak memiliki anak dan suami, dan hanya menghabiskan waktu dengan berjualan makanan dan minuman ala kadarnya.


Menurutnya, untuk menyewa tempat tinggal di Kota Surabaya cukup mahal, bahkan ia mengaku pernah tinggal di dapur orang lain dan diharuskan membayar Rp10 ribu.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu