Bocoran Dari Srimulyani Prakerja Gelombang 19 dibuka dan Cara Lolosnya

Header Menu

Bocoran Dari Srimulyani Prakerja Gelombang 19 dibuka dan Cara Lolosnya

26 Agustus 2021



Berikut ini adalah bocoran dari menteri keuangan Sri Mulyani kapan Prakerja Gelombang 19 di buka dan bagaimana caranya supaya lolos.


Seperti di ketahui, Prakerja adalah program semi bansos yang bertujuan untuk menambah kemampuan para pekerja maupun pencari kerja yang sudah berjalan sejak tahun 2020.


Setiap gelombang yang akan di buka selalu di tunggu-tunggu karena jika lolos dan menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan intensif.


Pada semester II 2021 ini pemerintah menyiapkan anggaran 1,2 Triliun untuk program Kartu Prakerja dengan menargetkan 2,8 juta peserta baru.


Skema dana yang di berikan untuk peserta pada semester ini masih sama dengan sebelumnya, yaitu saldo pelatihan sebesar Rp.1juta, dan insentif setelah pelatihan sebesar 2,4 juta yang di berikan bertahap selama 4 bulan, serta insentif pengisian survei 3 kali sebanyak Rp.150.000.


Untuk pemerataan, satu KK hanya di batasi 2 penerima saja.


Pelatihan dapat di beli di ratusan lembaga melalui tujuh plaform yang bekerjasama dengan Prakerja.


Program Kartu Prakerja di buka untuk semua WNI yang berusia 18tahun keatas yang tidak sedang menempuh pendidikan formal.


Selain itu syarat untuk lolos Kartu Prakerja tidak boleh tercatat sebagai oenerima bantuan di kemensos, bukan penerima BSU, bukan ASN, bukan TNI/Polri, bukan kepala desa/pegawai kelurahan, bukan pegawai BUMN/BUMD.


Peminat Program Kartu Prakerja ini terus meningkat, pada Gelombang 18 kemarin peserta yang bergabung ada 3,1 dan yang lolos hanya 800ribu saja.


Bagi kalian yang belum lolos pada gelombang 18 kemarin, ketahui cara agar bisa lolos pada gelombang 19 yang akan dibuka dalam waktu dekat ini.


Dalam penentuan peserta, Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, menyampaikan bahwa pihaknya tak menentukan siapa yang lolos program ini, melainkan memakai sistem.


Dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Srimulyani mengungkapkan Program Kartu Prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi di Juli-Agustus,"


Namun yang perlu diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 baru dibuka di Agustus 2021. Artinya Kartu Prakerja Gelombang 19 tetap bisa dibuka di bulan ini, atau mundur.