KKB Tembak Mati 5 Warga Sipil di Yahukimo Papua

KKB Tembak Mati 5 Warga Sipil di Yahukimo Papua

25 Juni 2021



Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Yahukimo, Papua. Mereka menembak 5 warga sipil hingga tewas.


Insiden itu terjadi pada Kamis (24/6) kemarin. Salah satu korban adalah Kepala Suku Pingki, Obaja. Sedangkan 4 korban lainnya merupakan pekerja bangunan.


"Saya baru mendapat laporan yang memastikan bila keempat korban bukan karyawan PT Crenoma melainkan pekerja bangunan asal Sangir yang membangun rumah warga," ungkap Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, dilansir dari Antara, Jumat (25/6/2021).


Pangemanan mengakui belum bisa ke TKP karena lokasi yang jauh dari Dekai, Ibu kota Kabupaten Yahukimo. Namun, tim gabungan TNI-Polri dijadwalkan akan ke TKP untuk mengevakuasi korban hari ini. Kendati demikian, evakuasi tergantung cuaca mengingat untuk mencapai wilayah itu harus melintasi sungai yang dilaporkan sedang meluap.


"Jumat, tim gabungan TNI-Polri ke TKP baru bisa mengetahui dengan pasti insiden itu sekaligus mengevakuasi korban," ujar Pangemanan.


Pangemanan mengungkapkan, dari laporan yang diterima sesaat terjadi penyerangan Kepala Suku Pingki mencoba membela para pekerja bangunan. Namun KKB malah menembak hingga menewaskan Kepala Suku Pingki.


Sebelum insiden penyerangan terhadap para pekerja bangunan, mobil dum truk Nopol DS-9655-MA milik PT Crenoma juga ditembak dan terkena bagian depan kanan bawah di kampung Pingki.


Akibat insiden penembakan tersebut menyebabkan supir balik arah dan menyelamatkan diri ke camp Kali Kuk Km 47+600.


Pelaku KKB Pimpinan Tandius Gwijangge

Pangemanan mengatakan pelaku penembakan dan penganiayaan hingga menewaskan warga sipil di Kampung Pingki, Kabupaten Yahukimo, Papua, adalah KKB pimpinan Tandius Gwijangge (TG). (dtk)