Idza Targetkan Tahun 2020 Kabupaten Brebes Open Defecation Free (ODF)

Brebes, www.okeberita.com - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menilai, di Kecamatan Banjarharjo tinggal empat desa yang masih ada orang Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Untuk itu, ditargetkan dalam tahun 2020 semua desa di Kabupaten Brebes termasuk di Kecamatan Banjarharjo bisa Open Defecation Free (ODF) atau tidak ada lagi yang BABS.
“Empat desa tersebut adalah Malahayu, Cimunding, Tegalreja dan Banjarharjo,” ujar Idza saat Sosisalisasi pemberian bantuan Jamban dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di di Aula Kantor Kecamatan Banjarharjo,  Selasa (10/3).
Kata Idza, dii empat desa tersebut, mendapatkan bantuan Jamban keluarga dalam tahun 2020. Untuk itu, seluruh penerima agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan sehingga kedepannya, masyarakat Kecamatan Banjarharjo  tidak Buang Air besar (BAB) di sembarang tempat lagi.
Idza juga menyampaikan pentingnya hidup bersih dan sehat serrta bagi para ibu agar mengikuti program Keluarga Berencana (KB) dengan kontrasepsi jangka panjang. 
“Ayo Ikut KB dua anak cukup, yang sudah terlanjur jangan nambah lag ya...” ajak Idza
Menurutnya, jumlah penduduk di Kabupaten Brebes sudah mencapai 1,8 juta jiwa lebih. Maka program KB di Brebes harus kita dukung agar tidak terjadi ledakan penduduk. Yakinlah dengan ber-KB maka keluarganya akan sejahtera karena kebutuhannya tidak begitu banyak. Kedepan, lanjut Idza salah satu syarat penerima PKH hanya diperuntukan bagi warga yang beranak dua saja. Jika lebih dari dua maka tidak bisa menerima PKH.
Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinperwaskim Kabupaten Brebes Ahmad Sofia Nukman menjelaskan, di Kecamatan Banjarharjo sebanyak 150 orang penerima bantuan Jamban di empat desa masing-masing senilai Rp 2 juta. 
Menurut Nukman, dengan dipenuhinya pengadaan jamban di empat desa tersebut kedepan diharapkan tidak ada lagi warga yang BABS. Bila masih ada yang BABS, maka akibatnya sangat buruk karena dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. (Hms)

Posting Komentar

0 Komentar