Polsek Bulungan Berhasil Mengamankan 225kg Wortel illegal

loading...
loading...

OkeBerita.Com - Polres Bulungan di Kalimantan Utara di kejutkan dengan kasus penyeludupan wortel dalam jumlah besar dari malaysia oleh Warga indonesia, hari ini Polres Bulungan berhasil mengamankan 225 kilogram wortel yang dimuat di dalam 25 kardus. Tanaman jenis sayur itu masuk secara ilegal karena tidak mempunyai surat serta dokumen yang lengkap untuk bisa masuk ke wilayah indonesia.

Keterangan ini kita diperoleh, wortel itu disita hari Minggu (12/3) kemarin. Kasus ini terungkap pada saat ada seorang wanita yang melakukan pembongkaran muatan wortel dari speedboatnya yang bersandar di pelabuhan Kayan II Tanjung Selor Hilir, Bulungan.

"Jadi, petugas Polres Bulungan yang sedang patroli di sungai. Melihat wanita itu, Dia seorang ibu inisialnya WS sedang membongkar muatan wortel dari speedboatnya," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, saat dikonfirmasi oleh merdeka.com, Senin (13/3).

"Petugas Polres Bulungan sempat menanyai ibu berinisial WS yang sedang membongkar muatan speedboatnya. Pengakuan dia pada saat itu, bahwa sengaja mendatangkan wortel itu dari Malaysia ke Tanjung Selor, karena disebabkan stok wortel di pasaran sini sedang kosong ya," ujar Ade.

Ratusan kilogram wortel yang di selundupkan secar ilegal itu kemudian diserahkan langsung ke Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas II Tarakan Wilayah Kerja Tanjung Selor, di Kalimantan Utara.

Terpisah, Penanggung jawab BKP Kelas II Tarakan Wilayah Kerja Tanjung Selor, Rozalo Velly, mengaku sudah menerima pelimpahan 25 kardus berisi wortel seberat 225 kg asal Malaysia yang dikirim secara ilegal Oleh ibu berinisial WS.

"Beratnya itu ada sekitar 225 kilogram ya," sebut Velly.

Menurut dia, kasus ini adalah untuk kedua kalinya yang terjadi sebelumnya bulan Februari lalu. "Jadi, wortel ini sengaja di masukkan secara ilegal oleh mereka, tidak disertai sertifikat serta dokumen kesehatan dari Tawau di Malaysia sana, sebelum dikirim ke Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Padahal, setiap sayuran yang akan masuk ke Indonesia, sudah harus wajib menyertakan sertifikat serta dokumen itu," jelas Velly.
loading...

0 Response to "Polsek Bulungan Berhasil Mengamankan 225kg Wortel illegal"

Post a Comment